LOMBA PEMBUATAN FILM/VIDEO PENDEK

POSTER LOMBA FILM PENDEK 1 edited copy

PENGANTAR

Rektor ITB berulang kali menyampaikan pentingnya insan ITB memiliki karakter HARMONI. HARMONI diambil dari motto ITB “In Harmonia Progressio” yang bermakna kemajuan dalam keselarasan. Secara kata, HARMONI diuraikan menjadi 7 karakter yang diharapkan menjadi karakter utama civitas akademika ITB, baik dosen, tenaga kependidikan (karyawan), ataupun mahasiswa:

• H – Humbleness: Mencerminkan karakter individu yang rendah hati dan memaknai bahwa keberhasilan yang diperoleh tidak semata-mata karena dirinya sendiri.
• A – Agility: Mencerminkan karakter individu yang adaptif dengan cepat terhadap perubahan lingkungan
• R – Respect: Mencerminkan karakter individu yang bersedia memperlakukan orang lain sebagaimana dirinya ingin diperlakukan
• M – Motivation: Mencerminkan karakter individu untuk memberikan usaha yang terbaik.
• O – Outstanding: Mencerminkan karakter individu untuk menjadi yang terbaik dan unggul.
• N – Nationalism: Mencerminkan karakter individu untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan bangsa.
• I – Integrity: Mencerminkan karakter individu yang bertindak berdasarkan pada nilai-nilai kebenaran

Dalam rangka mensosialisasikan karakter HARMONI, UPT Pengembangan Manusia & Organisasi (PMO) Kantor WRSO (Wakil Rektor Sumberdaya & Organisasi) ITB mengadakan lomba pembuatan video pendek 2017.

PENDAFTARAN DAN PENGUMUMAN PEMENANG
1. Lomba terbuka untuk seluruh civitas academica ITB, baik secara individu maupun kelompok
2. Pendaftaran dibuka mulai 15 Mei 2017. Batas akhir penyerahan film pendek adalah tanggal 31 Juli 2017 jam 23.59 WIB.
3. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 15 Agustus 2017 melalui website UPT PMO (www.pmo.itb.ac.id)

KETENTUAN UMUM
• Peserta lomba adalah civitas academica ITB (dosen, tenaga kependidikan atau mahasiswa) atau kolaborasi antar civitas academia.
• Peserta yang mengikuti lomba ini tidak akan dipungut biaya apa pun.
• Tema lomba film pendek ini adalah karakter HARMONI. Durasi maksimum 5 menit, yang memuat satu atau beberapa karakter HARMONI.
• Hasil karya peserta merupakan karya orisinal, belum pernah dipublikasikan di mana pun atau untuk kepentingan apa pun, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun.
• Panitia tidak bertanggungjawab apabila di kemudian hari terjadi gugatan dari pihak lain berkaitan dengan materi yang diikutsertakan dalam lomba ini.
• Panitia berhak menggunakan film pendek pemenang sebagian atau seutuhnya untuk kepentingan ITB dengan mencantumkan nama peserta sebagai pemegang hak cipta. Karya yang tidak menang dapat pula digunakan untuk kepentingan ITB dengan pemberitahuan kepada pemilik hak cipta.
• Peserta bebas menggunakan teknik perfilman dan peralatan yang dikehendaki.
• Setiap karya harus dilampiri dengan judul, penjelasan dan pesan apa yang ingin disampaikan sesuai dengan form terlampir. Judul film dan credit title tidak perlu dicantumkan dalam film pendek.
• Tidak diperkenankan menambahkan judul, credit title, iklan, atau lainnya pada karya yang dikirimkan.

KETENTUAN KHUSUS
1. Bebas menggunakan kamera apa pun dan genre film cerita apa pun (dokumenter, non-dokumenter, animasi 2D, 3D, dll).
2. Penjurian akan memperhatikan kualitas gambar, tata suara dan cerita sebagai poin penting penilaian.
3. Menggunakan Bahasa Indonesia (jika menggunakan bahasa asing atau daerah wajib mencantumkan subtitle bahasa Indonesia yang jelas).

PENJURIAN LOMBA & PEMENANG
1. Tim Juri akan memilih, menilai, dan menentukan 3 (tiga) pemenang.
2. Setiap pemenang akan diberikan penghargaan berupa trofi “HARMONI ITB”, sertifikat dan uang tunai: Juara I Rp 5.000.000,-; Juara II Rp 3.000.000,-; Juara III Rp 2.000.000,-;
3. Aspek penilaian, antara lain: kesesuaian dengan tema, orisinalitas & keunikan/ide, teknik pengambilan (termasuk aspek penyutradaraan untuk film) – konsep editing, nilai artistik serta pesan yang ingin disampaikan karya film.
4. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Dewan juri terdiri dari: Prof. Dr. Irawati MS (WRSO ITB), Dr. Imam Santosa (Dekan FSRD ITB), Dr. Yassierli (Kepala UPT PMO), Dr. Tendy Y Rachmadin (Dosen FSRD), Dr. Alvanov Zpalanzani (Dosen FSRD) dan Iyus Kadarusman (Produser fim – tentatif).

PENGUMPULAN KARYA LOMBA
1. Setiap karya diunggah ke google drive dengan memberikan informasi akses kepada panitia lomba ke itb.pmo@gmail.com.
2. Karya yang dikirim harus disertai dengan data pribadi peserta: Nama lengkap (pribadi atau tim), alamat lengkap pribadi atau ketua tim, no telp pribadi atau ketua tim, alamat email pribadi atau ketua tim, fotokopi KTM/KIP pribadi atau ketua tim, judul karya, deskripsi lengkap/sinopsis karya film, serta surat pernyataan mengenai jaminan orisinalitas karya.
3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi UPT PMO ITB Pak Rudiwan (Hp/WA 081313562956)

Berita Terkait